Mengenal kebiasaan ikan mas dan kondisi alam waktu memancing

Posted by Unknown on Friday, October 4, 2013

Mengenal kebiasaan ikan mas dan kondisi alam waktu memancing, mantab bukan judulnya Mengenal kebiasaan ikan mas dan kondisi alam waktu memancing, ckcck...kaya yang udah master aja padahal sama sama newbie(pemula) dalam memancing, tapi memang benar jika kita sudah mulai intens memancing kita jangan pernah lupa bagaimana Mengenal kebiasaan ikan mas dan kondisi alam waktu memancing, karena itu juga akan mempengaruhi hasil dari tangkapan ikan kita.
Artikel ini didapat dari berbagai forum dan blog yang memang harus anda perhatikan atau mungkin anda juga mengiyakan bahwa benar jika kita Mengenal kebiasaan ikan mas dan kondisi alam waktu memancing maka hasilnya pun lumayan.

1.melihat cuaca,bila cuaca cerah biasa ikan akan mudah menemukan umpan dan akan mudah makan nya dan biasanya ikan makan diatas jam 9 pagi karena suhu air didasar sudah mulai hangat hingga pukul 11 siang.  mulai ramai lagi sekitar jam 2 hingga sore.

2.melihat cuaca. bila kita mancing cuaca mendung  tiba-tiba menyergap, itu pertanda kurang bagus karena ikan mas kurang makan jika cuaca mendung. Disebabkan air dalam kolam dingin dan ikan jarang masuk kedasar kolam karena air didasar dingin ikan sulit untuk menjangkau umpan yang berada didasar, disarankan agar digantung umpan dengan pelampung yg bisa mengapungkan umpan.

3. Melihat arah angin. jika angin mengarah dari Utara Ke selatan kita harus berada dilapak yang Selatan karena ujung arah angin sangatlah berpengaruh,  riak ombak yang akan menghantar sisa- sisa umpan yang ada dikolam dan pastinya ikan mas kebanyakan berada ditempat  tersebut.

4.lihat lapak. ikan mas jarang sekali melewati tempat yang dia belum pernah lewat. biasanya ikan mas baru akan mengikuti ikan mas yang sudah berada dikolam. Kalau kita mancing harian disarankan menempati lapak yang sering di isi orang dihari kemarin, yang pertama tujuannya pasti.  Ikan baru yang akan dilepas melalui jalur itu dan kedua ikan lama biasanya akan makan umpan bila di jalur itu karena kebiasaan ikan mas yaitu bergerombol.

5.hujan deras terkadang membuat ikan mas jarang makan dan juga yang membuat lebih susahnya karena pelampung tidak kelihatan. solusi untuk hujan deras biasa pakai gelosor copot pelampung dan kencangkan kenur pancingnya.

6.kalau kolam yang kita pancing dari semen dasarnya dan biasanya ikan jarang sekali memberikan sinyal seperti rembesan/gelembung maka yang lebih mudah kita perhatikan riak air yang dipermukaan, lihatlah dengan tenang maka riak air yang banyak ikannya pasti seperti pusaran air, namun itu bukan pusaran air semata disebabkan oleh ikan yang sedang mencari makan secara gerombol didasar kolam.

7. Cuaca dan kondisi, umpan yang baik selalu melihat kondisi cuaca, karena jika panas menyergap umpan harus berbeda dengan kondisi ketika hujan atau mendung (pengap)

8. kondisi air dan tempat memancing kita, jika anda bingung anda bisa lihat atau bertanya bagaimana kebiasaan kebanyakan orang sekitar bagaimana mereka membuat umpan dan seperti apa takarannya, karena berbeda tempat berbeda juga takarannya yang biasanya disesuaikan dengan umpan yang akan kita buat, ada yang memang umpan dibuat sangat amis ada yang tidak terlalu amis dan lain lain

9. Dan yang terakhir adalah berapa ukuran ikan yang kita pancing, apakah ikan berukuran 1 kilo 3 ekor. 2 kilo 5 ekor atau 1 kilo satu dan seterusnya, jika kita sudah mengetahui ukuran ikan yang akan kita pancing maka umpannya pun harus disesuaikan, jika ikan berukuran kecil maka kebiasaan umpan akan lebih hanyir dan jika ikan sudah mulai besar maka umpan akan lebih ke wangi demikian seterusnya, dan trik yang paling ampuh jika ingin tidak kecewa dalam membuat umpan adalah biasakan membuat umpan yang tidak terlalu amis/hanyir karena jika kita salah menebak maka mudah sekali untuk menambahkan kualitas hanyir umpan daripada mengurangi.

Mungkin itu kira kira artikel saya mengenai Mengenal kebiasaan ikan mas dan kondisi alam waktu memancing semoga artikel kali ini bisa membantu dan menambahkan sedikit wawasan mengenai Mengenal kebiasaan ikan mas dan kondisi alam waktu memancing, salam strike..

{ 16 comments... read them below or add one }

Unknown said...

Bangg Kenapa yaa guaa udah Berkali Kali Mancing tapi Kagak Pernah dapet lebih dari 2, Paling bbnyaak satu mulu -_-, Apa Karena Pancingan saya kendor ya? (Maklum baru pemula)

Unknown said...

paling banyak 1 bang...??? sedikitnya berapa...whaa...bisa aja nh bang johanes..salam kenal bang

Irdhina said...

nanya bang.

saya nemuin kolam pancing harian tombro/mas yang banyak ikannya.

banyak sekali rembesan ikan, ada juga pusaran air,

sudah ku coba berbagai umpan tapi gadimakan, dari dug coklat, dug merah, penyet, pak ikin, tuna, semuanya ku campur kroto sampe kroto aja.

dasar kolam sepertinya tumbuh lumut seperti lumut untuk ikan nila,
kedalaman kolam 80-100 cm, air lumayan jernih.

apa solusinya kira2?

Unknown said...

Coba saja pakai umpan pengumpul ikan mas gan, selain untuk umpan tabur umpan itu juga bisa digunakan untuk umpan jitu..salam strike.

Unknown said...

Mantap gan.
Ane cuby gan dlm memancing,bisa di jelaskan gk cara bikin umpan rebus beserta campurannya?
Mks sebelumnya..salam strike gan

Devo_de_Buckethead said...

ass... mas..saya mau tanya... tepung apa yang bagus untuk umpan putih.. dan apa inti dari umpan putih supaya jitu dah...makasi..salam ,..

Unknown said...

@Ede Friatna, silahkan di cek gan berbagai artikel umpan di blog ini
@Devo_de_Buckethead, wa alaikum salam mas, klo tidak salah yaa mas saya mau sedikit sok tau menjelaskan mengenai bahan dasar umpan putih, heee...klo salah mohon di maafkan, umpan putih itu sebetulnya lebih karena bahan dasarnya dari umbi2an, kroto, jagung diekstrak menjadi tepung, lebih baik beli umpan putih yg sudah jadi aja biar gampang, nah klo mau umpan putihnya jitu sebetulnya lebih ke campuran dari umpan putih yg mas buat di sesuaikan dengan kondisi air, besar ikan dan cuaca..

terima kasih. slam strike

Unknown said...

jangan lupa doa dong. ni doa nya.
konci kaula konci rohani di buka ku alloh di benghai ku rosul lailahailawloh muhamad rosuluwloh.
biasa nya yg punya empang suka ngunci mulut ikan biar ga mkn. tuh cara buka nya met mencoba

Unknown said...

Siip, berdoa sudah pasti jadi kewajiban biar semakin yakin..terima kasih infonya pasti bermanfaat untuk kita semua

salam strike

Unknown said...

Mantap.....lumayan nambah knowledge buat pemula spti sya

Unknown said...

umpan mancing sya cuma 781,jitu cap topi merah , essen tenggiri,kelapa, dan udang masing 3 tetes. alhamdulilah bisa ngerasaaiin strike ikan mas

Unknown said...

Mantap.. Ulasannya bos..
Udah di coba. Kelihatan Maknyuss...
Strike 3kg. Heheh lumayann

Anonymous said...

Cba pke jitu,vaneli,ale2 mantap

Unknown said...

Gmn supaya dapat banyak ikan mas di kolam keruh

Unknown said...

Beli di pasar mas klo mau dapet banyak mah

Unknown said...

Bagi umpan ongol ongol yg mantep bang

Post a Comment

Komentar yang baik mencerminkan pribadi seseorang