Umpan pengumpul ikan mas

Posted by Unknown on Friday, October 4, 2013

Umpan pengumpul ikan mas, anda pasti sedang bingung dan mencari ramuan atau umpan pengumpul ikan mas..hayoo..ketauan...anda pasti mencari banyak info kan bagaimana sih umpan untuk mengumpulkan ikan mas pada lapak kita. bahkan ada sedikit celotehan dari sesama pemancing "mudah untuk mendapatkan ikan mas tetapi yang sulit adalah bagaimana cara mendatangkan ikan mas pada lapak kita"
Ada beberapa solusi Umpan pengumpul ikan mas yang biasa digunakan oleh para pemancing diluar sana:
1.Menggunakan halco (freshwater/saltwater) pada umpan atau bom an dilapak kita, perlu anda ingat penggunaan halco ini tidak lah diperbolehkan berlebihan karena nanti ikan akan berkumpul tetapi tidak mau makan umpan(terkecuali umpan lebih amis/kencang baunya dari pada halco)
2.Menggunakan biang susu pada umpan dan ditebar sebanyak mungkin pada lapak kita, nah kalau biang susu ini biasa dicampur pada umpan dengan takaran yang tidak juga boleh berlebihan.
3.bom sebanyak mungkin umpan yang kita miliki berharap ada ikan yang melintas kemudian mau makan umpan kita.
Nah bagaimana jika kesemua tadi sudah pernah anda coba tetapi ikan masih kurang berkumpul, berikut ramuan Umpan pengumpul ikan mas yang patut anda coba dirumah dan semoga hasilnya bisa memuaskan hati anda.

Bahan Umpan pengumpul ikan mas :

1.kroto super 1 ons atau lebih jika anda mau memancing harian diharapkan bisa lebih banyak.
2.tepung ketan 4-5 sendok makan atau lebih, bisa disesuaikan dengan kroto yang anda gunakan
3.Essen seafood/ halco salt water/ vanili/ daun pandan (pilih salah satu)

 Cara pembuatan Umpan pengumpul ikan mas

1.Rendam kroto super yang sudah anda beli dengan air panas kemudian tiriskan
2.Siapkan kroto pada tempat kemudian beri tepung ketan, aduk perlahan hingga kroto terlapisi oleh tepung ketan semua bagiannya, jika terlihat ada gumpalan tepung ketan, bisa anda ayak menggunakan saringan air atau saringan yang biasa digunakan untuk memisahkan ampas parutan kelapa dan airnya.
3.beri 4 - 5 tetes essen seafood atau 1-2 cm halco atau 1 bungkus kecil vanili sachet atau 1 lembar daun pandan, aduk merata.
4.Siapkan daun pisang kemudian simpan umpan yang sudah tadi anda buat, kemudian di kukus menggunakan api sedang selama 3 menit jangan lebih, (perlu anda ketahui kroto ini dikukus hanya agar lengket) jadi jangan terlalu lama yang terpenting adalah kroto lengket tetapi tidak mudah lepas juga saat dikaitkan pada mata kail pancing anda,untuk memudahkan bisa anda kontrol setiap saat proses pengukusan,jika anda rasa sudah cukup.. angkat umpan tadi dan biarkan dingin n umpan siap digunakan.

berikut cara penggunaan Umpan pengumpul ikan mas yang sudah anda buat.

1.Ambil segenggam umpan kroto dan bom umpan kroto yang sudah anda buat pada lapak anda dan 1 titik, upayakan jangan terlalu jauh agar ketika kita akan memancing anda tidak kesulitan, karena umpan pengumpul ikan mas ini tidak hanya digunakan sebagai pengumpul ikan tetapi  bisa juga digunakan sebagai umpan makan ikan apalagi ikan jaruh/ikan yang sulit makan umpan biasa.
2.Tebar sedikit demi sedikit setiap anda sudah menarik ikan dari lapak anda, atau dirasa ikan sudah mulai berkurang jumlahnya pada lapak anda, penebaran umpan kroto ini dimaksud agar ikan tetap berkumpul dan akan selalu mengundang ikan lain disekitar kita. dan perlu diingat juga karena ikan mas suka berkumpul maka penebaran umpan ini akan sangat efektif jika dilakukan.

Perlu juga anda biasakan jika anda sudah menggunakan Umpan pengumpul ikan mas ini anda jangan pernah berpindah-pindah lapak agar anda tidak menyesal ketika anda tinggalkan ternyata ikan baru saja datang dan berkumpul, kemudian anda tidak disebut penjual roko atau penjual balon karena anda terus saja berputar - putar mencari dimana ikan berada "hee" biarkan ikan yang menghampiri anda dan memohon agar dia anda pancing "huhuuyyy"
Demikian ramuan Umpan pengumpul ikan mas kali ini semoga Umpan pengumpul ikan mas dari saya bisa membantu, ditunggu reportnya dan salam strike..

{ 71 comments... read them below or add one }

Unknown said...

bisa pake gambar gk bos bentuk umpannya, sepertinya menarik...dan perlu dicoba

Unknown said...

Ketan ny yg putih apa yg item

Unknown said...

Kang dadan ciamis, yang putih kang..mangga di cobian..

Unknown said...

daun pandan nya d olah lg apa 1 lembar d kukus ma kroto boss??

Unknown said...

langsung aja boss dikukus bersama kroto

Unknown said...

boleh mntaa pin bb nya or no hp boss?

Unknown said...

waduh mau dikirim pulsa kayanya sama boss ery adi...hee, tersanjung sy jdinya...tapi biar lebih asyik di blog aja yaa boss..

Unknown said...

Pakai halco fresh water bisa gak kang...?cz udah terlanjur beli..

Unknown said...

bisa kang abi fatra...silahkan di coba

Unknown said...

ada resep jitu untuk ikan mas yg lg betelor boss... alnya ikan lg g mau mkn,2 jam mancing pd boncos smua
tu lah si boss g mau ks nope mau nya kn mau krm pls nih
hehehehe

Unknown said...

hahaa...bisa aja nh bos ery...
Mancingnya siang atau malam bos...coba aja cek artikel umpan ikan jaruh atau pengumpul ikan mas n yg sbar yaa mancingnya mdh2an pada gk bertlor lagi deh tu ikan..salam

Unknown said...

brrti bahan tnpa d'air in bos? dicampur lgsung dikukus gto ??
klo pke essens durian gmn bos? tnggung udh beli. thnks..

Unknown said...

yup..betul sekali boss langsung di kukus, bisa menggunakan essens durian atau essens yg biasa digunakan tinggal di sesuaikan saja..salam

Unknown said...

Bos umpn y udh ane coba. Tpi ane gx pke halco. Ane pke daun pandan. Tpi hsil y nol.

Mohon penjelasan

Unknown said...

pada beberapa kasus air biasanya gan yg jadi masalah, beda tempat beda beda jga karakter airnya...dicoba lagi gan dengan essen seafood atau paling mudah menggunakan vanili sachet ( 500 rupiah/sachet)..semoga membantu, terima kasih reportnya,,,salam strike

Unknown said...

Oke thanks jwab y. Nti ane coba lgi.

Unknown said...

Sekedar info gan...kenapa bahan dasarnya kroto..? karena pada dasarnya ikan mas sangat menyukai kroto...sedangkan daun pandan atau essens lainnya hnya penambah agar ikan berkunjung ke lapak kita,...jadi pastinya umpan ini sangat manjur dan hasilnya pun lumayan memuaskan, dan biasanya klo sudh pake umpan ini kita jdi mles berkreasi dengan umpan2 lainnya(ketagihan)...selamat mencoba..salam strike.

Unknown said...

Salam kenal mas bro saya sering memancin tetapi hasilnya kurang memuaskan di karenakan di kolam tersebut banyak anakan ikan nila apa umpan tersebut bisa efektif terhadap ganguan ikan nila. Salam strek

Unknown said...

Gan ane mau tya. Klw untuk mancing harian, bgus y pke halco freshwater ap salt water. Mohon info y

Unknown said...

@mas Arjun putra jawa..coba saja di tabur dulu menggunakan beunyeur(beras campuran pakan ayam) lapak yg di inginkan agar ikan nila kecil kabur...
@Gan Asep belalu...beda daerah beda air gan..tapi banyk info menggunakan salt water lbih joss

terimakasih kunjungannya, salam strike...

fahri said...

numpang tanya bos... ditempat kami airnya keruh...jadi ikannya males makan, aku pake kroto campur belut, memang dimakan, tapi waktu narik kail...eeeh...gak nyangkut ikannya mohon bantuannya ..bos thank's

Unknown said...

umpanya gx manjur blom saya cobain
gx ngerti

Unknown said...

@bos Fahri, sabar bos mungkin belum dimakan benar umpannya, baru di senggol...
@Maulana subhan, haa bisa aja blum di cobain tapi bilang gk manjur..klo gk ngerti angkat tangan...xixixi

terima kasih atas kunjungannya, salam strike..

~''GokiL"~ said...

utk agan2 semua, ini sekedar informasi jika essen nya gak bekerja optimal anda bsa menggunakan dengan mencampurkan bhan tadi diatasyg sdh dikukus ,dengan serbuk pelet peclyn + 1-2 tetes D11 utk segenggam umpan...lempar trus ke satu tempat jgn sampai berubah arah lempar .,tunggu selang 10-15 mnt keajaiban akan terjadi,bom umpan anda akan bekerja optimal...(telah saya uji di berbagai jenis air dan cuaca)trimakasih...

Unknown said...

Wuihh agan ~"GokiL"~ menambahkan info yang pasti sangat bermanfaat, trims gan kunjungan dan infonya, salam strike...

Unknown said...

mantap...sebagai pemula lumayan dapatnya....memuaskan

Unknown said...

kang mau tanya klo pake esenn blut gimanah bagus gaaa,,,,
soal nya saya pemancing pemulaa kangg

Unknown said...

saya mau tau umpan jitu ikan mas kang,kasih tau umpan yang jitu buat ikan mass

Unknown said...

@Angga Noviawan, essen belut pernah coba tapi kurang bagus gan, sepertinya air sangat mempengaruhi.., silahkan dibaca berbagai artikel di blog ini, terima kasih atas kunjungannya maaf terlambat membalas..slam strike.

Giva said...

kyknya uda smua umpan saya coba mas,,tp ttp saja ikan ditmpat pemancingan didaerah saya tidak mau makan,,ada umpan jitu yg lain gk mas ??

Unknown said...

Abang Kcagiva Simanjuntak, Jika umpan pengumpul ikan mas ini sudah di coba dan hasilnya kurang memuaskan, silahkan di coba umpan jitu ikan mas untuk ikan jaruh/garung, semoga membantu

Salam strike..

Anonymous said...

Gan, klo campuran milih seafood berarti umpan hanya akan gurih, klo padan dan vanili brarti umpan hanya akan wangi, knapa begitu..?
Sering denger D11, D12, D13,... tapi ga tau apa itu, bisa dibantu untuk pencerahannya..? Makasih

Unknown said...

@esokur, sebetulnya pandan, vanili, essen seafood, halco dan bhan essen atau perangsang lainnya hanya penambah aja gan agar ikan lebih cepat mengetahui keberadaan umpan kita. d11,d12,d13 itu MSG atau perangsang ikan gan sama seperti vanili sachet

terima kasih, salam strike

Unknown said...

Ikut nyenggol bos...
Ksih info umpan yg super bos...
Mau ada lomba nih...
Kan kl lomba tak boleh pke essen kan...
Slam hangat aja..

Unknown said...

Senggol balik ahh pake goyang karawang buat bos Imung Axel, silahkan dicek artikel umpan disini bos, smoga ada yg cocok..

salam strike..

Anonymous said...

Makasih gan infonya, biar saya coa bikin 2 umpan, amis (seafood/tenggiri) dan wangi (pandan/vanilli) dan hasilnya tar tak report gan (nunggu libur dl)...
Oya essen daging itu tergolong amis atau apa gan ? Dan duren itu tergolong wangi ato apa gan ?
Makasih lg sblmnya...

Unknown said...

klo tidak salah, jawaban sudah ada di pertanyaan agan, terima kasih, hee.. ditunggu reportnya gan

salam strike

Unknown said...

Tq bro...
Umpan bom ente mujarap alias manjur...
sbge pmncing newbie ikan mas dapat 1 aja udah sneng..
Kmren bisa ampe dpet 8 ekor.
Juara 1 lg..
Lmyan lah buat lomba kecil kecilan...
Tq bro
..
D tunggu trik dan info lainya..
Slam strike..

Unknown said...

Ok siip...terima kasih reportnya bro Imung Axel semoga selalu jadi juara, hee

Salam strike

Unknown said...

nyari halco di mana pak,,tolong jawbannya

Unknown said...

saya di daerah lampung,,kesulitan nyari halco,,katanya ampuh juga untuk campuran umpan,,,,,,lam kenal pak

traveladventuresblogspot.com said...

Gan kalau pke halco fres wter gmna tu takaranya....

Unknown said...

@mandra aditama slam kenal kembali pak, coba saja cari online pak, mudh2an dapt yaa halconya.
@Bembeng Suady, sy biasa pakai persentimeter gan untuk 200gr umpan, untuk percobaan atau penyesuain dengan air kolam yang biasa agan gunakan sebaiknya jgn terlalu banyak dulu..jika di rasa ikan kurang cepat responnya bisa di tmbahkan sedikit demi sedikit..semoga membantu

salam strike

Mr. Teguh Wiyono said...

hehehe.... mancing,mancing,mancing... setiap minggu saya mancing tombro harian, di pemancingan lembah dieng malang, biasanya saya dapat 5,7 kalo pas rejeki dapet 15 biji, baiasanya saya pake umpan jadi, karena gak sempat mau utak atik umpan buatan, mungkin agan ada yang mau coba, saya biasa pake umpan tabur stella p1 di campur pisang susu atau jagung keju baunya cenderung amis kalo mau yang babon bisa pake yang wangi stella pisang susu + vanilla pandan + jagung keju.

Mr. Teguh Wiyono said...

oiya.... jangan lupa kroto 1 ons. campur dengan air panas jangan terlalu keras, cenderung agak lembek setelah mau di pake baru campur dengan kroto. gunakan pelampung super sensitive karena ikan tombro makannya di dasar, umpan harus ndasar, sentak joran jika pelampung jalan. good luck

Unknown said...

gan klo di air bau umpan nya harus wangi/amis.?

Unknown said...

@Teguh Wiyono, maturnuwun sanget kang mas sudah mau berbagi umpan andalannya..di tunggu umpan jitu lainnya
@ tatang mulyana bisa kedua-duanya gan...tergantung besar ikan, semakin kecil maka umpan semakin amis, wangi untuk ikan besar

salam strike

Unknown said...

Umpan pengumpul,, apa bisa buat umpan di kail or cuma buat om aj
a mas boss

Unknown said...

kan mau nanya saya suka mancing am rekan-rekan kantor lalu masalah lapan selalu berubah dengan waktu kurang lama 3 jam, kalau pake umpan diatas gimana??terimakasih

Unknown said...

@ari godhok, bisa kedua-duanya mas boss
@yopi trirus, bisa saja gan digunakan dengan bom yang tidak terlalu berlebihan...yg terpenting dimana kita berada maka bom(umpan tabur) selalu ada

terima kasih, salam strike..

Unknown said...

bisa di campur juga temen-temen dengan indofish, wahh maantaaap. ane punya nieh, mau order silahkan sms sne 087767884313

Unknown said...

salam strike...
mang jitu, umapan apa yang cocok untuk ikan mas yang maennya setengah air??.
hatur nuhun kang...

Unknown said...

@adie mahendra Coba saja menggunakan kapsul(telur semut/kroto) atau lebih jelasnya cek artikel umpan ikan jaruh kang, semoga membantu..

salam strike

Unknown said...

kang jitu..kemrin dh dcoba tp ikannya ga makan jg, gmn kang solusinya???
mungkin ada umpan laen kang yg bs dcoba??

Unknown said...

Mas boss ane di solo mw tny.. pelet merk ap yg jitu wat lomba tombro (terutama di solo) thx

Unknown said...

tes

Unknown said...

Saalam kenal...para senior....
kalo pake tombo kuning bikin umpan gimana carana & bahan campuran na apa aja...
Hatur nuhun

Unknown said...

umpan lumayan:
1.telor bebek 2 butir
2.susu dancow sachet 2bks
3.kara kecil 1bh
4.keju kraft yg kecil 1(parut)
5.daging ikanmas merah kukus ( 1ekor)

semua bahan diblender...
kukus 15 menit jgn lebih
tambahkan telor penyu kering 1-2 bungkus/pengeras lainnya

silahkan mencoba

Unknown said...

umpan ekonomis :
1. 800 gram ubi jalar
2. 1 butir telur bebek
3. umpan super 1 sendok makan
4. kroto secukupnya

ubi dan telur di kukus, kemudian setelah matang ubi dan kuning telur di parut lalu dicampur dan tambahkan 1 sendok umpan super,,, kroto digunakan saat mancing,,,

salam strike !!!!!!!

Unknown said...

Klo untuk mancing harian kolam ikan mas bagus mana halco fresh water atw salt water..apa bedanya..

Unknown said...

makasih banyak gan atas infonya sukses.
mampir juga ke sini gan http://www.kotakmusic.com/

Kang Alan MS said...

terima kasih mas atas infonya..salam kenal dari saya
http://umpanhalcofrashwater.blogspot.com

Unknown said...

Nimbrung gan...mo tanya saya pake halco salt water yg dicampur dgn ongol² ikannya kumpul tapi makannya kurang ....apa ada yg kurang ya bos....untuk pemakain halconya saya pakai 1cm dgn sagu 2sdm dan air1 gelas... mohon saran nya gan...

M.nurman said...

Mantap jos 48 ekor strike

Unknown said...

klo pke essen terong belanda berapa takaranya boss

eckoh said...

Bos, punya resep Umpan Ikan Emas Jenis Subang ga ?

Unknown said...

salam pancing maniakkk..
berkat resep kang said...krontong 2 trisi smua..
rezky anak soleh x ya kang..hmm

Unknown said...

mas bro sy ms pemula,sy slalu mancing dikolam air hijau,dn klau sy bom atau taburin bukan ikan mas yg dtg tp ikan sapu kaca dn anakan ikan gabus,gmna mengatasi ya mas bro,mohon saran ya mas bro

Unknown said...

Udang Rawa mentah 25 ekor, tongkol 2 iris, Kara santan, Raja udang 1 bungkus, telorpenyu kering 2 bunkus, kroto secukupnya, alhamdulilah sering guarantee

Unknown said...

Cara bikin, udang gerus sampe lembut,tonkol rendam air panas haluskan,campur samaudang tadi, Raja udang same telor penyu kering masukan,aduk same kara secukupnya,sesuai selera kekerasan umpan, terakhir campur kroto yg Sudan di rendam air panas, umpan siap pakei, umpan hanya brtahan 4 jam Karna menggunakan bahan, mentah, alhamdulilah ikan rame Samantha babon lahap, silahkan mencoba

Unknown said...

Udang Rawa mentah 25 ekor, tongkol 2 iris, Kara santan, Raja udang 1 bungkus, telorpenyu kering 2 bunkus, kroto secukupnya, alhamdulilah sering guarantee

Post a Comment

Komentar yang baik mencerminkan pribadi seseorang